AMARAH KEPADA HUJAN

Hujan, banyak yang bilang kamu itu lambang dari romantisme, sumber inspirasi untuk berpuisi, dan momen untuk merenungi kehidupan. Tapi, aku justru membenci kamu.

Kamu itu mengganggu, Hujan. Aku jadi basah kuyup ketika sedang mencari martabak kesukaanku dan kamu menyerbu secara tiba-tiba.

Hujan, mengapa kamu selalu datang di saat yang tidak aku inginkan? Saat aku hendak pergi kuliah, saat aku sedang diboncengi di motor, saat aku sedang tidak membawa payung. Mengapa kamu tak datang saat aku sedang tidur saja?

Bagaimana perasaanmu, Hujan? Saat kamu membuat orang-orang di Bumi terlambat masuk kerja, kecipratan air genangan di jalan dari mobil-mobil yang lewat, menunggu di stasiun tanpa tahu berapa lama mereka harus menunggu. Senangkah kamu?

Aku tidak suka dengan kamu, Hujan! Aku tidak mengharapkan kehadiranmu. Doaku setiap hari adalah untuk tidak melihat kamu hari ini.

“Jangan ngambek sama Hujan.”

*

Selamat ulang tahun untuk salah satu teman terbaikku, walaupun sekarang statusnya sudah bukan teman lagi.

Kamu suka hujan karena udara sejuk, sedangkan aku tidak suka hujan karena membuat baju basah saat bepergian. Kamu menghadapi semua masalah dengan kepala dingin, sedangkan aku harus pakai emosi dulu untuk menghadapi semua masalah. Kamu menyikapi apapun yang terjadi di hidup kamu dengan lapang dada, sedangkan aku hanya peduli dengan apapun yang menguntungkan hidup aku.

Kamu belum berhasil membuat aku menyukai hujan, tapi kamu berhasil membuat aku merasa bodoh karena mengutuki hujan yang punya tubuh pun tidak.

Selamat ulang tahun, pengamat dan pecinta segala hal yang ada di kehidupan ini. [R]

Published by

Andrea Lidwina

mengejar matahari, mengagumi awan, mengindahkan senja

Leave a Reply

